Keunggulan SIM Klinik teraMedik Sebagai Aplikasi Pengelolaan Klinik

Reading Time: 4 minutes

Artikel ini akan menjelaskan keunggulan SIM klinik dari teraMedik dalam mendukung pengelolaan operasional klinik dan rumah sakit.

Penggunaan suatu aplikasi atau sistem informasi manajemen telah memudahkan aktivitas dan pekerjaan manusia sehari-hari, salah satunya adalah pemberian pelayanan kesehatan. Hal itulah yang membuat teraMedik terus berupaya dan berkomitmen untuk menghadirkan keunggulan SIM klinik sebagai sistem yang mendukung layanan kesehatan berbasis teknologi terpadu.

Pasalnya, SIM klinik dapat membantu penyelenggaraan pelayanan medis dasar dan/atau medis spesialistik di instansi klinik dengan alat berteknologi canggih nan otomatis. Alih-alih terus menggunakan cara manual. Dengan begitu, satu atau beberapa tenaga medis, seperti dokter, dan tenaga kesehatan tambahan lainnya, seperti perawat dan bidan, dapat melayani pasien klinik secara lebih optimal dan hemat tenaga.

Dengan fungsi utamanya sebagai sistem berbasis komputer untuk mengintegrasikan, mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data dari sejumlah sumber guna mendukung manajemen layanan kesehatan, mendukung keputusan kebijakan instansi kesehatan, dan mengelola data pasien. SIM klinik memiliki keunggulan dalam mendukung operasional klinik sebagai fasilitas kesehatan masyarakat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Tersedia Modul yang Lengkap dan Terintegrasi

Keunggulan SIM klinik yang teraMedik miliki mengacu pada pengintegrasian modul dan fitur berbasis teknologi cloud yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan operasional klinik. Mulai dari modul dashboard rekapitulasi sistem klinik, laporan klinik, pendaftaran pasien, pengelolaan antrian pasien, pembayaran tagihan klinik, monitoring data rekam medis, kelola proses penjualan dan persediaan obat di apotek, dan bahkan laboratorium klinik.

Bahkan, dengan teknologi berbasis web-cloud tersebut, pengguna tidak perlu melakukan pengadaan server dan maintenance karena semuanya akan di atasi oleh vendor. Semua modul tersebut telah dikembangkan dengan menyesuaikan standar SIM fasilitas kesehatan di Indonesia yang mana tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013.

Tentunya modul-modul yang ada mendukung sisi front office hingga back office klinik. Di mana juga di lengkapi database yang dapat menyimpan data pelanggan dan keseluruhan aktivitas klinik dengan lebih aman dan akurat. Dengan begitu, tenaga kesehatan di dalam klinik dapat memantau sekaligus melacak catatan data pasien dari banyak tempat layanan dalam satu waktu dengan lebih mudah.

2. Tampilan Sistem yang Ramah Pengguna (User Friendly)

Berhubung cara kerja sistem informasi manajemen akan menghubungkan orang-orang dengan organisasi dan segala data melalui suatu teknologi praktis. Maka sejatinya SIM klinik haruslah memiliki keunggulan berupa tampilan antarmuka pengguna (user interface) yang mudah digunakan oleh pengguna awam sekalipun.

Sederhananya, tampilan antarmuka sistem sebaiknya memiliki desain yang simple, menarik, sekaligus interaktif. Sehingga, tenaga kesehatan sebagai pengguna dapat merasakan pengalaman terbaik selama melaksanakan tugas dan pekerjaannya. SIM klinik milik teraMedik menyediakan fitur menu yang dapat pengguna manfaatkan sesuai kebutuhan pengelolaan klinik.

3. Memiliki Dukungan Layanan Pelanggan yang Informatif

Sebagai partner penyedia sistem informasi manajemen, tentu saja teraMedik menyediakan dukungan layanan pelanggan atau customer service dan end user support terbaik untuk membantu maintenance sistem. Hal ini menjadi perhatian penuh teraMedik dalam memberikan pengalaman komunikasi pelanggan yang optimal.

Anda yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan SIM klinik teraMedik tak perlu ragu untuk bertanya atau berkonsultasi perihal layanan sistem. Sebab, teraMedik memiliki dukungan layanan pelanggan yang:

  • Kompeten atau memiliki pengetahuan yang baik dan akurat mengenai produk dan layanan teraMedik.
  • Proaktif dalam memberitahu dan menjelaskan solusi permasalahan kepada customer untuk menghindari kesalahpahaman.
  • Personalisasi yang mana membuktikan bahwa teraMedik peduli dengan setiap pelanggan.
  • Dapat diandalkan dalam membangun komunikasi yang nyaman, efektif, dan memuaskan kebutuhan pelanggan.

4. Harga Murah

Berkat infrastruktur sistem yang dikembangkan dengan tools open source dan bebas lisensi, baik pada database maupun tools pendukung lainnya, di mana memengaruhi minimnya upaya pengadaan dan perawatan. SIM klinik teraMedik memiliki harga atau tarif instalasi yang lebih murah daripada vendor SIM klinik lainnya.

Berikut ini rangkuman daftar harga pada tiap paket fitur SIM teraMedik.

  1. Paket Basic
    • Deskripsi: Paket berlangganan yang direkomendasikan untuk klinik tanpa adanya transaksi penjualan apotek
    • Harga: Rp499.000 per bulan
    • Fitur:
      • Dapat digunakan oleh maksimal 5 user
      • Masa uji coba gratis 15 hari
  2. Paket Standard
    • Deskripsi: Paket berlangganan yang direkomendasikan untuk klinik dengan adanya transaksi penjualan apotek
    • Harga: Rp599.000 per bulan
    • Fitur:
      • Dapat digunakan oleh maksimal 7 user
      • Masa uji coba gratis 15 hari
  3. Paket Advanced
    • Deskripsi: Paket berlangganan premium dengan paket lengkap cocok untuk transaksi klinik dengan layanan lengkap untuk penunjang medis, medical checkup, dan pencatatan keuangan.
    • Harga: HUBUNGI SALES
    • Fitur:
      • Dapat digunakan oleh maksimal 10 user
      • Untuk mengetahui masa uji coba gratis, segera hubungi sales

Apabila Anda ingin mengetahui spesifikasi fitur-fitur lain pada masing-masing paket, maka Anda bisa kunjungi laman Harga Produk teraMedik berikut.

5. Berkolaborasi Dengan Aplikasi Third-Party Terbaik

Dalam rangka menghadirkan aplikasi atau sistem informasi yang multiguna dan praktis, SIM klinik teraMedik juga memiliki keunggulan pada bagian performa bridging. Artinya, sistem klinik dapat terintegrasi atau berkolaborasi dengan aplikasi-aplikasi third-party atau sistem pendukung yang membantu proses operasional klinik, mulai dari:

  • Fungsi pelayanan BPJS (terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN)
  • Support sumber informasi Kementerian Kesehatan Indonesia
  • Laboratorium information system (LIS)
  • Picture Archiving and Communication System (PACS) untuk kebutuhan radiologi dan rekam medis
  • Payment gateway tertentu untuk mendukung transaksi klinik
  • WhatsApp API (Application Programming Interface)

Tentu Anda tidak harus menggunakan keenam pilihan aplikasi pendukung tersebut karena Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan pelayanan medis di klinik. Pada intinya, Anda tidak lagi harus membuka banyak aplikasi untuk melaksanakan operasional pelayanan klinik, sebab Anda bisa melakukannya lewat satu dashboard SIM klinik teraMedik.

6. Berpengalaman di Bidangnya

Keunggulan SIM klinik dari teraMedik yang terakhir adalah performa sistemnya yang sudah teruji klinis. Di mana telah berhasil dibangun dan diimplementasikan berdasarkan kebutuhan dari masing-masing lebih 100 mitra rumah sakit dan klinik di 24 kota yang tersebar di 15 provinsi se Indonesia.

Sebut saja Graha Hospital Group, RSUD Cilegon Banten, Brawijaya Hospital Group, Omni Hospital Group, Ciputra Hospital Group, RS Permata Cibubur, Bunda Hospital Group, RS Roemani Muhammadiyah Semarang, RS Bella Kota Bekasi, dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan pengalaman implementasi di berbagai jenis instansi rumah sakit atau klinik selama lebih dari 18 tahun membuat tim teraMedik pastinya sudah sangat paham tentang segala tantangan implementasi SIM RS atau SIM klinik. Sehingga, tim dukungan layanan teraMedik akan memiliki segudang solusi mengenai masalah-masalah yang terjadi di dalam operasional rumah sakit atau klinik.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menjadi pengguna SIM klinik terbaik di Indonesia dari teraMedik?