7 Manfaat Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online Bagi Masyarakat

Reading Time: 4 minutes

Saat ini, untuk bisa melakukan konsultasi dokter dapat Anda lakukan kapanpun dan di manapun. Ini dia manfaat konsultasi kesehatan online!

Dunia kesehatan semakin dipermudah dengan hadirnya inovasi bidang pelayanan digital seperti layanan konsultasi kesehatan online dengan telemedicine. Sebab, telemedicine atau telemedis merupakan sistem pelayanan kesehatan yang dilaksanakan secara jarak jauh antara tenaga kesehatan profesional dan pasien dengan menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Dengan tujuan untuk pertukaran informasi diagnosis, pengobatan, pencegahan penyakit dan cedera, penelitian dan evaluasi, serta pendidikan berkelanjutan pada penyedia fasilitas layanan kesehatan.

Melalui layanan tersebut, pasien dapat melakukan konsultasi serta tanya jawab dengan tenaga kesehatan dokter terkait berbagai macam penyakit secara daring. Di mana hal tersebut penting bagi peningkatan segala aspek dan upaya pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia.

Penasaran apa saja manfaatnya? Simak artikel ini sampai habis!

7 Manfaat Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online

Walaupun sistem kerjanya berbeda dengan layanan konsultasi kesehatan yang dilakukan secara konvensional, penyelenggara pelayanan telemedicine tetap dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang memiliki surat izin praktik di fasilitas pelayanan kesehatan penyelenggara. Baik itu di rumah sakit (rumah sakit pemerintah pusat, rumah sakit pemerintah daerah, atau rumah sakit swasta yang terdaftar), puskesmas, klinik, tempat praktik mandiri dokter, laboratorium kesehatan, dan bahkan apotek.

Berikut adalah manfaat dari adanya website dan aplikasi kesehatan telemedicine bagi masyarakat luas:

1. Lebih Fleksibel dari Segi Waktu

Konsultasi online tentu saja lebih fleksibel dari sisi pemanfaatan waktu. Pasien dapat melakukan konsultasi di manapun dan kapanpun tanpa perlu datang ke klinik atau rumah sakit. Selain itu, layanan ini juga buka 24 jam. Jadi, di tengah kesibukan pun, pasien bisa tetap konsultasi dengan dokter terkait keluhan penyakitnya.

Bagi pasien yang punya tingkat kesibukan tinggi, sangat jelas layanan ini akan sangat membantu. Selain fleksibel, layanan ini juga akan mempercepat waktu konsultasi, karena tidak perlu mengantri. 

Jika pasien merasa butuh konsultasi dengan durasi panjang, layanan ini juga bisa tetap melayani, karena tidak ada orang yang menunggu. Jadi, pasien berkemungkinan bisa melakukan konsultasi tanpa ada batasan waktu.

2. Menghemat Biaya

Saat ini, banyak sekali layanan website dan aplikasi telemedicine yang menawarkan fitur konsultasi kesehatan online secara gratis. Melalui fitur chat, pasien dapat melakukan sesi tanya jawab dengan dokter profesional kapanpun dan di manapun secara gratis. Tentu hal ini sangat bermanfaat, terutama bagi masyarakat menengah ke bawah.

Selain hemat dari segi biaya konsultasi, layanan daring ini juga sangat bermanfaat untuk menghemat biaya transportasi pasien dalam mengakses fasilitas kesehatan. Selain itu, biaya konsultasi jadi bisa pasien gunakan untuk berbagai keperluan pokok lainnya.

3. Layanan Konsultasi Kesehatan Online Tidak Terbatas Lokasi

Ketika pasien hendak melakukan perjalanan jarak jauh, tentu saja Anda tidak akan sempat untuk konsulitas dengan dokter terkait kesehatannya. Namun, dengan layanan konsultasi online, pasien tetap bisa melakukan aktivitas dan perjalanan jarak jauh tanpa takut terkendala masalah kesehatan.

Karena pasien dapat melakukan konsultasi dengan dokter saat melakukan perjalanan atau dinas ke luar kota sekalipun. Hal tersebut sangat bermanfaat, terutama bagi pasien yang mengidap penyakit tertentu dan membutuhkan penanganan rutin nan cepat serta konsultasi dokter secara ketat.

4. Mempermudah Konsultasi Obat

Tidak hanya terbatas pada layanan tanya jawab seputar penyakit saja. Namun, perangkat konsultasi kesehatan online juga akan memudahkan pasien untuk bertanya hal terkait jenis obat yang efektif sesuai dengan penyakit yang sedang pasien derita. 

Selain itu, pasien juga akan mendapatkan rekomendasi apotek, serta konsultasi lain terkait resep obat yang dipilih langsung oleh dokter profesional. Bahkan, pasien juga dapat berkonsultasi seputar efek samping dari penggunaan obat jangka panjang bagi tubuh dan kesehatan pasien.

5. Mempermudah Dokter Memberikan Penyuluhan

Terkadang komunikasi langsung akan terasa lebih efektif. Akan tetapi, konsultasi online juga sangat mempermudah dokter dalam memberikan penyuluhan kesehatan. 

Dokter dapat dengan mudah untuk memberi penjelasan melalui layanan ini. Lewat fitur chat, dokter dapat mengirimkan pasien sebuah tautan menuju jurnal atau artikel yang akan memuat jawaban dari pertanyaan pasien. Selain itu, dokter juga bisa memberikan referensi lain untuk metode pengobatan yang efektif.

Dokter juga menjadi lebih hemat energi ketika memberi penjelasan. Pertanyaan pasien akan dijawab melalui chat atau fitur pesan suara sesuai dengan kemampuan dokter. Penyematan video penyuluhan juga bisa dilakukan oleh dokter bila pasien merasa jawaban dari pertanyaan via chat kurang bisa untuk ia pahami.

6. Membantu Konsultasi Psikologis Mental

Serangan panik terkait mental dan psikologi pasien adalah hal yang bisa terjadi secara mendadak, bahkan di malam hari. Karena itu, layanan konsultasi kesehatan online dapat membantu pasien yang mempunyai masalah psikologis untuk berbicara dengan dokter di saat serangan panik mulai menyerang tiba-tiba.

Bahkan, saat tengah malam sekalipun pasien tetap dapat menghubungi dan melakukan konsultasi dengan dokter. Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan para pengidap gangguan psikologis sebagai bentuk penyuluhan dan terapi emosional lewat metode konsultasi psikologis.

7. Layanan Konsultasi Kesehatan Online Jauh Lebih Aman

Di masa pandemi, layanan konsultasi online ternyata sangat bermanfaat. Tidak hanya dari segi waktu yang fleksibel saja, namun layanan ini juga akan mengamankan Anda dari tularan penyakit menular berbahaya seperti COVID-19. Meskipun pandemi telah berakhir layanan ini dinilai sangat membantu pasien untuk tetap berkonsultasi secara aman.

Nah, itu dia beberapa manfaat utama dari penggunaan aplikasi layanan konsultasi kesehatan online. Supaya pengelola fasilitas kesehatan dapat memperoleh hasil yang optimal dalam meningkatkan kualitas layanannya. Aplikasi konsultasi online seperti telemedicine yang hanya dikhususkan untuk satu instansi pelayanan kesehatan akan lebih efektif untuk diterapkan. Daripada menggunakan aplikasi telemedis marketplace yang mudah ditemukan di PlayStore atau AppStore.

Kabar baiknya, bagi Anda yang sedang mencari pilihan layanan telemedicine eksklusif untuk kelola manajemen fasilitas pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit dan klinik. Anda bisa menggunakan sistem informasi manajemen kesehatan dari teraMedik yang dipercaya oleh lebih dari 100 mitra rumah sakit dan klinik di 24 kota yang tersebar di 15 provinsi seluruh Indonesia dalam mendukung digitalisasi manajemen konsultasi kesehatan masyarakat Indonesia.Jika tertarik dengan layanan produk teraMedik, segera hubungi tim customer support teraMedik untuk berkonsultasi lebih banyak tentang kebutuhan telemedicine di fasilitas pelayanan kesehatan Anda!