13 Fitur SIM Klinik teraMedik Untuk Manajemen Klinik yang Efisien

Reading Time: 4 minutes

Dalam memenuhi berbagai kebutuhan fasilitas kesehatan secara digital, teraMedik menyediakan sekitar 13 fitur pada SIM klinik, apa saja ya?

Selama beberapa dekade, istilah dan penggunaan SIM klinik sudah tidak asing lagi bagi tenaga medis dan pelaku bisnis fasilitas kesehatan lingkup klinik. Sebab, SIM klinik merupakan sebuah sistem berbasis komputer dan/atau web-cloud yang berfungsi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengubah data klinis pasien dengan cara yang lebih mudah, cepat, dan otomatis. Oleh sebab itulah teraMedik sebagai salah satu vendor penyedia aplikasi atau sistem informasi manajemen rumah sakit dan klinik terbaik di Indonesia berusaha menghadirkan beragam fitur unggulan untuk menunjang fungsi SIM klinik.

Fitur-fitur yang ada diharapkan menjadi sebuah solusi jitu untuk memudahkan penyelenggaraan dan pengelolaan pelayanan medis dasar  maupun medis spesialistik oleh satu atau beberapa tenaga medis, seperti dokter, dan tenaga kesehatan tambahan lainnya, seperti perawat dan bidan. Apalagi saat ini hampir semua aspek kehidupan manusia dan industri bisnis telah didukung oleh kecanggihan teknologi digital yang kian lama mengalami peningkatan fungsi secara signifikan.

Lantas, apa saja fitur SIM klinik yang teraMedik miliki pada sisi front office hingga back office demi mendukung operasional pelayanan kesehatan yang terintegrasi teknologi terpadu?

Fitur Unggulan SIM Klinik teraMedik

Secara garis besar, SIM klinik teraMedik memiliki modul dan fitur yang telah terintegrasi dengan arsitektur website cloud-based sehingga dapat digunakan di satu lokasi atau di seluruh sistem pelayanan kesehatan instansi terkait. Mulai dari modul laporan klinik, pendaftaran pasien, kelola antrian pasien, pembayaran tagihan klinik, kelola proses penjualan dan persediaan obat di apotek, monitoring data rekam medis, laboratorium klinik, dan lain sebagainya.

Untuk penjelasan selengkapnya dari tiap-tiap fitur SIM klinik, silakan baca artikel di bawah ini.

1. Fitur Utama SIM Klinik: Dashboard

Hampir setiap jenis sistem informasi manajemen, tak terkecuali SIM klinik, umumnya akan memiliki dashboard atau halaman tunggal yang menyajikan laporan rekapitulasi informasi terkait modul-modul dasar SIM dan aktivitas sistem. Dashboard SIM klinik milik teraMedik sendiri akan menyajikan data-data tersebut ke dalam bentuk grafik yang menarik dan mudah dibaca oleh pengguna.

2. Laporan

Fitur SIM klinik selanjutnya adalah modul laporan yang lengkap untuk mendukung berbagai dokumentasi kebutuhan dan operasional klinik. Mulai dari laporan praktik klinik, laporan daftar pasien, laporan resep dan penjualan obat, laporan diagnosa pasien, dan lain-lain. Modul ini berguna untuk mengefektifkan tugas tenaga medis klinik dalam menginput atau mentranskripsi data klinik yang sebelumnya dilakukan secara manual.

3. Pendaftaran

Tak hanya menguntungkan pihak tenaga medis, sistem informasi manajemen klinik juga memfasilitasi pasien untuk bisa mendaftar atau mendapatkan nomor antrian dengan menyediakan fitur pendaftaran online. Tentu saja manfaat utama dari adanya fitur ini adalah mengurangi effort pasien selama mengantri layanan klinik dan terhubung dengan fasilitas kesehatan yang dituju. Sehingga pasien tak lagi harus mengantri nomor pelayanan selama berjam-jam di dalam klinik.

4. Plasma Antrian

Supaya fungsi modul pendaftaran pada poin sebelumnya bisa berfungsi dengan lebih baik, teraMedik menghadirkan fitur plasma antrian. Di mana fungsi utama fitur ini adalah untuk mengelola antrian pendaftaran pasien pada tiap poliklinik, farmasi, dan penunjang medis. Dengan begitu, tenaga medis yang bertanggungjawab dalam manajemen pasien dapat melihat informasi transaksi pasien secara real-time dan tersimpan dengan lebih aman, rapi, dan akurat.

5. Fitur SIM Klinik Untuk Dokter dan Perawat

Modul yang satu ini masih berkaitan dengan fungsi fitur pendaftaran dan plasma antrian di mana masing-masing dokter dan perawat yang memiliki akses ke SIM klinik dapat mengelola antrian pasiennya secara langsung. Alhasil, beban kerja sekaligus operasional fasilitas kesehatan dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien. Manfaat lainnya adalah kemudahan tenaga kesehatan untuk memantau sekaligus melacak catatan data pasien dari banyak tempat layanan dalam satu waktu.

6. Kasir

Pengelolaan proses pembayaran tagihan layanan kesehatan juga bisa Anda lakukan secara digital melalui fitur kasir. Tujuannya agar pengguna sistem informasi tidak bekerja dua kali dengan memanfaatkan aplikasi kasir pihak ketiga atau justru mempertahankan transaksi offline.

7. Apotek

Selain memiliki fitur yang memudahkan pendaftaran dan antrian layanan medis klinik, teraMedik juga tak ketinggalan menghadirkan modul apotek. Gunanya untuk pengelolaan proses penjualan obat kepada pasien dan persediaan obat yang terorganisir secara digital. Kondisi ini membuat pasien tidak lagi perlu menebus resep obat secara langsung hanya di apotek fisik klinik karena pasien bisa melakukannya melalui perangkat online.

8. Fitur SIM Klinik Untuk Pembelian

Apabila rumah sakit atau klinik juga rutin melakukan pembelian dan pengadaan barang atau alat medis, seperti masker, sarung tangan, perban, plester, jarum suntik, dan bahkan peralatan bedah. Maka tenaga medis yang bertanggung jawab perlu memanfaatkan fitur pengelolaan khusus pembelian yang satu ini.

9. Inventori

Dalam penerapan fitur pembelian pada SIM klinik di atas, sebaiknya diimbangi dengan modul inventori yang berfungsi untuk mengelola persediaan barang medis dan komponen klinik lainnya. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu manajemen data, stok, dan tarif masing-masing barang klinik.

10. Instalasi Rekam Medis

Salah satu berkas penting dalam operasional klinik maupun rumah sakit adalah rekam medis. Sebab, melansir dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 209 Tahun 2008, rekam medis berisi catatan pasien. Di mana mencakup detail data identitas, pemeriksaan, pengobatan, dan tindakan medis lain untuk rawat jalan maupun rawat inap. Baik pada sarana pelayanan kesehatan yang di kelola pemerintah maupun pihak swasta.

Nah, teraMedik memiliki instalasi modulnya yang bisa di akses secara online kapanpun dan di manapun. Karena data-data tersebut akan tersimpan ke dalam database yang berinfrastruktur tools open source dan bebas lisensi.

11. Fitur SIM Klinik Untuk Komunikasi Pasien: WhatsApp Blast

Dalam menunjang fungsi manajemen layanan kesehatan, teraMedik menyediakan pengintegrasian sistem layanan pelanggan dengan WhatsApp API. Terutama untuk fungsi blasting pesan bisnis maupun maintenance sistem. Hal ini menjadi perhatian penuh teraMedik dalam memberikan pengalaman komunikasi pelanggan yang optimal sambil mengimbangi kebergunaan WhatsApp yang semakin krusial saat ini.

12. Integrasi BPJS

Vendor teraMedik sebagai salah satu aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia juga baru-baru ini telah mendukung pengelolaan rumah sakit dan klinik dengan mengintegrasikan SIM klinik dan BPJS Kesehatan. Tepatnya dengan menghubungkan aplikasi Mobile JKN untuk menghadirkan aplikasi atau sistem informasi yang multiguna dan praktis.

13. Laboratorium

Fitur SIM klinik teraMedik terakhir yang sudah tersedia dan bisa langsung Anda gunakan adalah pengintegrasian alat medis untuk pengelolaan pesanan pemeriksaan laboratorium atau laboratorium information system (LIS). Sederhananya, laboratorium information system (LIS) pada SIM klinik teraMedik mengacu pada sistem yang terdapat pada fasilitas kesehatan di mana bertujuan untuk mengelola informasi hingga mendukung pelaksanaan tindakan tepat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan kinerja laboratorium.